Model AI baru Stability AI dapat Ubah gambar 2D Jadi video 3D


Stability AI telah meluncurkan model AI generatif bernama Stable Video 3D (SV3D) yang berbasis pada streaming video stabil untuk menyederhanakan pembuatan video 3D. SV3D terdiri dari dua komponen, yaitu SV3D-u dan SV3D-p, yang membantu pengguna dalam menghasilkan video 3D dari gambar 2D.

"Dengan bangga kami persembahkan Stable Video 3D (SV3D), model generatif yang didasarkan pada Stable Video Diffusion, untuk mengembangkan teknologi dalam bidang 3D, serta meningkatkan kualitas dan konsistensi visual secara signifikan," ujar perusahaan tersebut dalam siaran pers dan blognya.

Menurut Stability AI, SV3D-u dapat menghasilkan video orbital dengan menggunakan gambar statis sebagai input, dengan sudut pandang yang tetap. Di sisi lain, SV3D-p membantu pengguna dalam menciptakan video 3D dengan pergerakan kamera, memungkinkan penggunaan gambar tunggal dan tampilan orbital. Meskipun perusahaan ini telah memperkenalkan Stable Zero 123 pada bulan Desember sebelumnya untuk tujuan serupa, SV3D terbaru memiliki kinerja yang lebih unggul dan dapat mengungguli alternatif sumber terbuka lainnya seperti Zero123-XL.

"Dengan memadukan model difusi gambar-video dari Stable Video Diffusion dengan peningkatan kondisioning jalur kamera, Stable Video 3D mampu menciptakan video multi-view dari suatu objek. Penggunaan model streaming video, berbeda dengan model streaming gambar yang digunakan dalam Stable Zero123, memberikan keunggulan dalam generalisasi dan konsistensi tampilan output," ungkap perusahaan.

Layanan Video Stabil 3D dari Stability AI tersedia untuk penggunaan komersial bagi anggota Stability AI, dengan harga mulai dari $20 per bulan. Untuk penggunaan non-komersial, model bobot dapat diunduh dari Hugging Face.

Author By Hendra T 

Logo